Kamis, 22 April 2010

Kab. Bekasi: Limbah dari Selatan, Perusak Tanah di Utara




Dua Kali. Dua jenis air. Yang satu coklat. Satunya lagi hitam pekat. Ini kali CBL [dok. pribadi jawarabekasi
Coba perhatikan foto diatas. Saya ambil kemarin (14 aprl 2010). Yang satu warnanya coklat. Satunya warna hitam pekat. Nah, air kotor terpolusi limbah inilah yang dikirim dari kawasan industri di Kawasan Tengah ke selatan Kab. Bekasi. Dialirkan ke Utara Bekasi.

Oh iya, biar pada jelas. Yang jawara maksud Bekasi Tengah ke Selatan ini adalah kawasan di bagian selatan wilayah Kab. Bekasi. Rata-rata kawasan industri dan pemukiman. Namanya Cikarang. Ada kawasan Lippo, kawasan EJIP, JABABEKA, JURONG, MM2100 dan lain-lain. Ada 3070 perusahaan dengan 11 negara yang investasi di sini. Kawasan selatan ini nyumbang gak kurang 47 T ke pusat dalam bentuk PPH Badan. Belum lagi PPN BM. PPH 21. Pajak jutaan karyawan ke pusat. Risiko sosialnya baru deh jadi jatah Kab. Bekasi.

Utara lebih rendah.Di Utara ada laut. Dulunya ini lebih kaya dari Selatan. Ini surga dunia. Maklum, jawara yang dari Utara paham bener. DUlu laut masih jadi raja. Memberikan kekayaan luar biasa. Ada lobster.Ikan-ikannya masih gede-gede.

Tapi, setelah kawasan industri di selatan di bangun surga dunianya pun selesai. Berganti kesengsaraan. Polutan dari Selatan mengotor Utara. Kali Bekasi tidak sebening dulu. kali CBL pun warnanya hitam. Pernah ada eretan (peerahu penyebrangan0 ada yang tebalik. ADA beberapa orang yang mati. Bukan karena tenggelam. tapi, karena keracunan limbah.

"]
Kali CBL (Cikarang Bekas Laut) [dok. pribadi
Lihatlah foto-foto dari kali yang saya ambil dari daerah Selang, Cibitung.
Uuuuh.....mantaf kali ya kalo kita bikin waduk untuk pengolahan limbah. Dalam skala besar. Sebelum sampai ke Utara, kita olah dulu di WTP. Jadi, petani dan peternak tabak kita pun bisa tersenyum lagi.....[kim]


Sumber:
Komarudin Ibnu Mikam
http://kesehatan.kompasiana.com/2010/04/18/kab-bekasi-limbah-dari-selatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar